Rabu, 21 September 2011

Makan Dulu, Tausiah Belakangan

Halal bihalal. Dua penggal kata ini sangat akrab di telinga kita manakala Lebaran tiba. Halal bihalal adalah kegiatan bersalam-salaman dengan tujuan saling memaafkan. Bagi lembaga pemerintah dan swasta halal bihalal menjadi agenda rutin setiap usai Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Kegiatan bisa diselenggaraan seminggu atau dua minggu setelah Hari Raya.

Di PT Gunung Madu Plantations, acara halal bihalal merupakan agenda wajib bagi tiap divisi dan departemen. Biasanya yang lebih dulu menyelenggarakan halal bihalal adalah divisi-divisi, setelah itu baru diadakan di tingkat departemen. Selain itu, ada pula organisasi Ikatan Isteri Karyawan, yang tak mau ketinggalan mengadakan acara halal bihalal secara khusus.

Dalam struktur organisasi di perusahaan gula tertua di Lampung ini terdapat empat departemen, yakni: Departemen Pertanian (Plantations), Departemen Riset dan Pengembangan (Research and Development), Departemen Factory (pabrik), dan Departemen SBF (Services, Bisnis and Finance). Di bawah depertemen ada divisi-divisi.

Khusus lingkup kerja Departemen Plantations memiliki 7 divisi area, 1 divisi T&FE, 1 divisi harvesting, dan 1. Departemen SBF memiliki satu divisi dan 1 sub divisi. Departemen Factory membawahi tiga divisi,dan Departemen Riset dua divisi.

Penyelenggaraan acara halal bihalal di PT Gunung Madu Plantations ini diadakan secara bergiliran oleh masing-masing divisi dan depertemen. Ada juga divisi yang menggabung acaranya menjadi satu, seperti Divisi Area 6 dan Divisi Area 7, serta Divisi Area 2 bergabung dengan Divisi T&FE dan Divisi Harvesting. Divisi Area 1 bergabung dengan Divisi Area 5.

Hal itu dikarenakan para karyawan dan stafnya berada di satu komplek perumahan. Misalnya, Divisi Area I dan Divisi Area 5, semua karyawan danstafnya bertempat tinggal di Perumahan (housing) 1; Divisi Area 6 dan Divisi Area 7 sama-sama berdomisili di Perumahan 6. Sedangkan karyawan dan staf Divisi Area 2, Divisi T&FE, dan Divisi Harvesting sebagian besar di Perumahan 2.

Jumat (16/9) malam, giliran Departemen Riset menyelenggarakan acara halal bihalal bagi pimpinan, staf, dan karyawannya. Saya mendapat kehormatan hadir, tentunya saya bertugas sebagai peliput. Karyawan PT Gunung Madu Plantations sangat suka bila kegiatan mereka dimuat di halaman Tabloid Tawon, sebuah media komunitas milik perusahaan. Sebagai insan media, setiap usai Lebaran saya dan kawan-kawan tentu saja sibuk menghadiri undangan halal bihalal di tiap divisi dan depertemen.

Acara halal bihalal di Depertemen Riset, yang dipusatkan di halaman parkir LSTC (Lampung Sugar Training Centre), itu agak berbeda dengan acara di tempat lain baik yang diselenggarakan divisi maupun departemen lain.

Di tempat lain, biasanya acara pokok dahulu: pembacaan ayat-ayat suci Alquran, sambutan-sambutan, tausiah dan doa. Setelah itu baru acara makan-makan, dan diakhiri dengan bersalam-salaman.
Nah, acara halal bihalal di Departemen Riset pada Jumat malam itu, agak berbeda. Para tamu yang datang langsung dipandu mengambil makan, lalu memilih tempat duduk. Begitu seterusnya sampai tamu terakhir. 
Begitu tiba saat acara dimulai seluruh tamu sudah makan dan nyaman duduk di tempatnya.

Sajian menunya cukup memancing selera, terutama gurame bubu pedasnya. Wah…cep..cep …nyem…nyem. Saya yang sebelum berangkat sudah mengganjal perut dengan nasi dan lauk ikan pun, tetap bernafsu ketika dipersilahkan makan.

Mungkin pihak panitia sengaja merancang acara makan terlebih dahulu, agar para tamu tidak gelisah ketika mengikuti acara demi acara, terutama saat mendengarkan sambutan kepala departemen dan tausiah dari ustad.

Taqobbalallah minna yaminkum taqobbal yakariim.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Foto-Foto